Selamat Datang Di Blog "Intan Purnama Sari" Semoga Blog Ini Bermanfaat Untuk Kalian Semua ^-^

Kamis, 29 Januari 2015

Pertemuan 4 (Rancangan Evaluasi Program)

RANCANGAN EVALUASI PROGRAM


A.      Rancangan Evaluasi
Untuk memahami rancangan, dalam bagian ini akan dijelaskan sedikit gambaran proposal, khususnya bagian-bagian yang harus termuat di dalamnya. Secara umum proposal terdiri dari dua bagian besar, yaitu bagian pendahuluan dan bagian metodologi. Pendahuluan menjelaskan semua hal termasuk penjelasan tentang program dan alasan evaluasi diadakan, sedangkan dalam rancangan hal-hal yang tidak menyangkut langkah tadi tidak dituliskan, beberapa hal hanya dikemukan secara singkat kecuali prosedur kerja yang menunjukkan langkah-langkah kegiatan.
Berdasarkan uraian di atas dapat dijelaskan hal-hal yang dicantumkan dalam sebuah rancangan evaluasi, yaitu sebagai berikut (Arikunto, 2009: 61-62).
1.    Judul Kegiatan
Menyebutkan isi pokok kegiatan evaluasi yang mencantum nama kegiatan, program apa yang dievaluasi (bagian dari program), dan dapat juga mencantumkan model yang digunakan serta menyebutkan unit dan lokasi program.
2.    Alasan Dilaksanakannya Evaluasi
Menjelaskan adanya kebijakan tentang program yang menjadi objek sasaran, perkiraan adanya hambatan tentang pelaksanaan atau alasan mengapa perlu dilaksanakan evaluasi.
3.    Tujuan
Ada dua bentuk tujuan, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus, Dalam tujuan khusus disebutkan secara rinci target yang harus dicapai dari evaluasi. Banyaknya tujuan tidak dibatasi, tetapi menunjukan batasan sekurang-kurang tiga kalimat, dan sebaiknya tidak lebih dari lima kalimat.


4.    Pertanyaan Evaluasi
Merumuskan beberapa pertanyaan yang akan dicari jawabannya melalui kegiatan evaluasi.
5.    Metodologi yang digunakan
Menjelaskan tentang objek sasaran evaluasi yang dihasilkan dari identifikasi komponen program dan indikator, sumber data, metode yang digunakan, instrumen yang digunakan sebagai pelengkap metode pengumpulan data.
6.    Prosedur Kerja dan Langkah-Langkah Kegiatan
Membicarakan hal-hal yang terkait dengan proses yang akan dilalui oleh petugas evaluasi program. Berdasarkan judul materi ini, maka terdapat dua hal yang perlu dipahami, yaitu prosedur kerja dan langkah-langkah kerja. Langkah-langkah kegiatan, yaitu langkah demi langkah semua kegiatan, sejak proses pemahaman terhadap program, menyusun instrumen dan mengujicobakan, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyusun laporan.

B.       Rancangan untuk Program Pemrosesan
Ciri utama dari program pemrosesan adalah adanya komponen yang dapat distatuskan sebagai bahan mentah dan masukkan yang diproses dalam sebuah transformasi sebagai alat pengolah, serta diupayakan menjadi keluaran yang berkualitas tinggi (Arikunto, 2009: 63).
Rancangan evaluasi program baru dapat dibuat apabila sudah kita ketahui jenis program dan model evaluasinya. Misalnya, kita akan membuat rancangan evaluasi program pemrosesan dengan jenis program kepramukaan dan model evaluasinya, yaitu model CIPP (Context, Inputs, Process, dan Product). Sesuai dengan garis besar isi rancangan yang dimaksud, yaitu sebagai berikut:
1.    Judul kegiatan
Evaluasi program kepramukaan di Gugus Depan Sekolah X di (lokasi) Y.
2.    Alasan dilaksanakannya evaluasi
a.    Program kegiatan kepramukaan sudah dilaksanakan di sekolah ini sejak (sebutkan dengan surat keputusan, jika ada).
b.    Selama ini (atau sejak kapan) belum diketahui keberhasilan program ini sehingga diperlukan adanya evaluasi program.
3.    Tujuan kegiatan
a.    Tujuan umum
Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengumpulkan informasi yang terkait dengan keterlaksanaan program kepramukaan.
b.    Tujuan khusus
Bertitik tolak dari tujuan umum tersebut maka tujuan khusus dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan pramuka (siaga, penggalang, tergantung tingkat sekolahnya dalam hal (sebut garis besarnya).
4.    Pertanyaan evaluasi
Untuk mengisi bagian ini, evaluator harus mengetahui dengan pasti tujuan khusus yang baru saja dirumuskan.
5.    Metodologi yang digunakan
Sebagai objek sasaran, evaluasi sudah dimulai ketika merumuskan tujuan khusus dan juga ketika kita merumuskan pertanyaan evaluasi.
6.    Prosedur kerja dan langkah-langkah kegiatan
Sebelum menuliskan prosedur kerja, evaluator perlu mencermati dahulu apa saja yang akan dikerjakan selama melakukan evaluasi.

C.      Rancangan Evaluasi untuk Program Layanan
Adapun contoh dari rancangan evaluasi untuk program layanan, yaitu sebagai berikut:
1.    Judul kegiatan
Evaluasi program koperasi sekolah di SMK X di kota Y.


2.    Alasan dilaksanakannya evaluasi
Dalam subbagian ini kita tuliskan jenis koperasi yang akan dievaluasi, konsumsi atau simpan pinjam.
3.    Tujuan kegiatan
a.    Tujuan umum
Tujuan kegiatan ini adalah untuk mengumpulkan informasi yang terkait dengan keterlaksanaan program koperassi sekolah di SMK X di kota Y.
b.    Tujuan khusus:
Tujuan khususnya salah satunya yaitu kondisi perlengkapan koperasi (jenis perlengkapan, kondisi atau kualitas, penataan, dan perawatan).
4.    Pertanyaan evaluasi
Untuk merumuskan pertanyaan evaluasi, evaluator perlu mengacu pada rumusan tujuan khusus yang sudah disebutkan.
5.    Metodologi yang digunakan
Objek sasaran evaluasi dalam program koperasi penjualan adalah hal-hal yang sudah disebutkan di dalam tujuan khusus.
6.    Prosedur kerja dan langkah-langkah kegiatan
Kita sudah memahami objek sasaran dan metodologi evaluasi ini. Maka kita bisa membuat pengandaian jika koperasi tersebut ada di sekolah dekat tinggal kita  dan kita sendiri yang menjadi evaluator.

D.      Rancangan Evaluasi untuk Program Umum
Untuk mencari contoh program umum lebih mudah dibandingkan dengan mencari contoh program jenis pemrosesan atau program layanan. Hal ini dikarenakan kedua program jenis pemrosesan dan layanan khususan, sedangkan program umum tidak. Untuk contoh rancangan program umum yaitu kita ambil program piknik. Adapun susunan rancangannya, yaitu sebagai berikut:

1.    Judul kegiatan
Evaluasi program piknik keluarga.
2.    Alasan dilaksanakannya evaluasi
Untuk menuliskan latar belakang masalah, kita perlu tahu dan menjelaskan tujuan, alasan, dan manfaat piknik bagi pihak keluarga tersebut.
3.    Tujuan kegiatan
a.    Tujuan umum
Tujuan kegiatan adalah untuk mengumpulkan informasi yang terkait dengan keterlaksanaan program piknik keluarga.
b.    Tujuan khusus
Untuk dapat merumuskan tujuan khusus terlebih dahulu kita harus mengidentifikasi komponen program piknik.
4.    Pertanyaan evaluasi
Dari rumusan tujuan khusus yang sudah disajikan di atas, kemudian kita rumuskan pertanyaan evaluasinya. Dimana rumusan harus merupakan kalimat pertanyaan.
5.    Metodologi yang digunakan
Dari rumusan tujuan khusus di atas sudah diberikan beberapa contoh rincian komponen. Kemudian kita rinci komponen lain yang belum dirinci, kemudian kita lanjutkan dengan menyusun tabel hubungan antara komponen, indikator, sumber data, metode.
6.    Prosedur kerja dan langkah-langkah kegiatan
Cara menuliskan prosedur kerja dan langkah-langkah kegiatan, karena sudah mendapat penjelasan dan contoh tentu tidak dapat kesulitan.





3 komentar: