RANCANGAN EVALUASI
PROGRAM
A.
Rancangan Evaluasi
Untuk memahami
rancangan, dalam bagian ini akan dijelaskan sedikit gambaran proposal,
khususnya bagian-bagian yang harus termuat di dalamnya. Secara umum proposal terdiri dari dua bagian besar,
yaitu bagian pendahuluan dan bagian metodologi. Pendahuluan menjelaskan semua
hal termasuk penjelasan tentang program dan alasan evaluasi diadakan, sedangkan
dalam rancangan hal-hal yang tidak menyangkut langkah tadi tidak dituliskan,
beberapa hal hanya dikemukan secara singkat kecuali prosedur kerja yang
menunjukkan langkah-langkah kegiatan.
Berdasarkan
uraian di atas dapat
dijelaskan hal-hal yang dicantumkan dalam sebuah rancangan evaluasi, yaitu
sebagai berikut (Arikunto, 2009: 61-62).
1. Judul Kegiatan
Menyebutkan isi pokok
kegiatan evaluasi yang mencantum nama kegiatan, program apa yang dievaluasi (bagian dari program), dan dapat juga mencantumkan model yang digunakan serta
menyebutkan unit dan lokasi program.
2. Alasan Dilaksanakannya Evaluasi
Menjelaskan
adanya kebijakan tentang program yang menjadi objek sasaran,
perkiraan adanya hambatan tentang pelaksanaan atau
alasan mengapa perlu dilaksanakan evaluasi.
3. Tujuan
Ada dua bentuk
tujuan, yaitu tujuan umum dan tujuan khusus, Dalam tujuan khusus disebutkan secara rinci target yang harus dicapai dari
evaluasi. Banyaknya
tujuan tidak dibatasi, tetapi menunjukan batasan
sekurang-kurang tiga kalimat, dan sebaiknya tidak lebih dari lima kalimat.
4. Pertanyaan Evaluasi
Merumuskan
beberapa pertanyaan yang akan dicari jawabannya melalui kegiatan evaluasi.
5. Metodologi yang digunakan
Menjelaskan
tentang objek sasaran evaluasi yang dihasilkan dari identifikasi komponen
program dan indikator,
sumber data, metode yang digunakan,
instrumen yang digunakan sebagai
pelengkap metode pengumpulan data.
6. Prosedur Kerja dan Langkah-Langkah Kegiatan
Membicarakan
hal-hal yang terkait dengan proses yang akan dilalui oleh petugas evaluasi program.
Berdasarkan judul materi ini, maka terdapat dua hal yang perlu dipahami,
yaitu prosedur kerja dan langkah-langkah kerja.
Langkah-langkah kegiatan, yaitu langkah demi langkah semua kegiatan,
sejak proses pemahaman terhadap program, menyusun instrumen
dan mengujicobakan, mengumpulkan data, menganalisis data, dan menyusun laporan.
B.
Rancangan
untuk Program Pemrosesan
Ciri utama dari program pemrosesan
adalah adanya komponen yang dapat distatuskan sebagai bahan mentah dan masukkan
yang diproses dalam sebuah transformasi sebagai alat pengolah, serta diupayakan
menjadi keluaran yang berkualitas tinggi (Arikunto, 2009: 63).
Rancangan evaluasi program baru dapat
dibuat apabila sudah kita ketahui jenis program dan model evaluasinya.
Misalnya, kita akan membuat rancangan evaluasi program pemrosesan dengan jenis
program kepramukaan dan model evaluasinya, yaitu model CIPP (Context, Inputs, Process, dan Product). Sesuai dengan garis besar isi
rancangan yang dimaksud, yaitu sebagai berikut:
1. Judul
kegiatan
Evaluasi program kepramukaan di Gugus
Depan Sekolah X di (lokasi) Y.
2. Alasan
dilaksanakannya evaluasi
a. Program
kegiatan kepramukaan sudah dilaksanakan di sekolah ini sejak (sebutkan dengan
surat keputusan, jika ada).
b. Selama
ini (atau sejak kapan) belum diketahui keberhasilan program ini sehingga
diperlukan adanya evaluasi program.
3. Tujuan
kegiatan
a. Tujuan
umum
Tujuan kegiatan ini adalah untuk
mengumpulkan informasi yang terkait dengan keterlaksanaan program kepramukaan.
b. Tujuan
khusus
Bertitik tolak dari tujuan umum tersebut
maka tujuan khusus dari kegiatan ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan
pramuka (siaga, penggalang, tergantung tingkat sekolahnya dalam hal (sebut
garis besarnya).
4. Pertanyaan
evaluasi
Untuk mengisi bagian ini, evaluator
harus mengetahui dengan pasti tujuan khusus yang baru saja dirumuskan.
5. Metodologi
yang digunakan
Sebagai objek sasaran, evaluasi sudah dimulai
ketika merumuskan tujuan khusus dan juga ketika kita merumuskan pertanyaan
evaluasi.
6. Prosedur
kerja dan langkah-langkah kegiatan
Sebelum menuliskan prosedur kerja,
evaluator perlu mencermati dahulu apa saja yang akan dikerjakan selama
melakukan evaluasi.
C.
Rancangan
Evaluasi untuk Program Layanan
Adapun contoh dari rancangan evaluasi
untuk program layanan, yaitu sebagai berikut:
1. Judul
kegiatan
Evaluasi program koperasi sekolah di SMK
X di kota Y.
2. Alasan
dilaksanakannya evaluasi
Dalam subbagian ini kita tuliskan jenis
koperasi yang akan dievaluasi, konsumsi atau simpan pinjam.
3. Tujuan
kegiatan
a. Tujuan
umum
Tujuan kegiatan ini adalah untuk
mengumpulkan informasi yang terkait dengan keterlaksanaan program koperassi
sekolah di SMK X di kota Y.
b. Tujuan
khusus:
Tujuan khususnya salah satunya yaitu
kondisi perlengkapan koperasi (jenis perlengkapan, kondisi atau kualitas,
penataan, dan perawatan).
4. Pertanyaan
evaluasi
Untuk merumuskan pertanyaan evaluasi,
evaluator perlu mengacu pada rumusan tujuan khusus yang sudah disebutkan.
5. Metodologi
yang digunakan
Objek sasaran evaluasi dalam program
koperasi penjualan adalah hal-hal yang sudah disebutkan di dalam tujuan khusus.
6. Prosedur
kerja dan langkah-langkah kegiatan
Kita sudah memahami objek sasaran dan
metodologi evaluasi ini. Maka kita bisa membuat pengandaian jika koperasi
tersebut ada di sekolah dekat tinggal kita
dan kita sendiri yang menjadi evaluator.
D.
Rancangan
Evaluasi untuk Program Umum
Untuk mencari contoh program umum lebih
mudah dibandingkan dengan mencari contoh program jenis pemrosesan atau program
layanan. Hal ini dikarenakan kedua program jenis pemrosesan dan layanan
khususan, sedangkan program umum tidak. Untuk contoh rancangan program umum
yaitu kita ambil program piknik. Adapun susunan rancangannya, yaitu sebagai
berikut:
1. Judul
kegiatan
Evaluasi program piknik keluarga.
2. Alasan
dilaksanakannya evaluasi
Untuk menuliskan latar belakang masalah,
kita perlu tahu dan menjelaskan tujuan, alasan, dan manfaat piknik bagi pihak
keluarga tersebut.
3. Tujuan
kegiatan
a. Tujuan
umum
Tujuan kegiatan adalah untuk
mengumpulkan informasi yang terkait dengan keterlaksanaan program piknik
keluarga.
b. Tujuan
khusus
Untuk dapat merumuskan tujuan khusus
terlebih dahulu kita harus mengidentifikasi komponen program piknik.
4. Pertanyaan
evaluasi
Dari rumusan tujuan
khusus yang sudah disajikan di atas, kemudian kita rumuskan pertanyaan
evaluasinya. Dimana rumusan harus merupakan kalimat pertanyaan.
5. Metodologi
yang digunakan
Dari rumusan tujuan khusus di atas sudah
diberikan beberapa contoh rincian komponen. Kemudian kita rinci komponen lain
yang belum dirinci, kemudian kita lanjutkan dengan menyusun tabel hubungan
antara komponen, indikator, sumber data, metode.
6. Prosedur
kerja dan langkah-langkah kegiatan
Cara menuliskan prosedur kerja dan
langkah-langkah kegiatan, karena sudah mendapat penjelasan dan contoh tentu
tidak dapat kesulitan.
mantap (y)
BalasHapusterimakasih materinya... enak banget bacanya,,, blognya oce
BalasHapuskeren....
BalasHapus